Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua

Welcome friends  Mohammad Nizam Mustaqim’s Blog. In this blog you will get some informations about :
my favorite writing for Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua | Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua I believe | Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua can give you inspiration and more others benefit

Well, akhirnya saya mau cerita juga di blog tentang pasca kampus. Bukan gamau berbagi dari awal, cuma saya mau berbagi kalau sudah mengalami. Semoga bisa bermanfaat bagi diri ini dan orang lain baik sebagai pengingat maupun penyemangat. #LebayDikit 

Ok gengs. saya ingin menceritakan segala pernak-pernik kehidupan selepas resign dari Nestle. FYI Saya bekerja di Nestle sejak 7 September 2015 - 31 Januari 2017. Banyak sekali pengalaman sebagai marketing untuk melatih mental dan mengasah skill komunikasi. Kalau kalian nanya apa yang paling saya suka di Nestle? Budaya kekeluargaannya. Loh kok bukan gaji? karena gaji akan mengikuti seberapa berat kerjaan kita. Alhamdulillah Nestle memberikan gaji dan benefit seperti asuransi, mobil operasional, dll secara fair. Sekali lagi Alhamdulillah

Ingat ya gengs bagi yang sedang bekerja dan berencana memutuskan resign, saya sarankan minimal memiliki biaya tabungan untuk hidup 6 bulan dan biaya rekruitmen perusahaan baru. Perjudian / gambling itu bagus namun ada perhitungannya karena  pengeluaran terbesar kita saat resign adalah biaya untuk Interview kerja. Camkan!!! :P

Yuk, Move on dulu heheh. Postingan ini akan menunjukkan seberapa banyak lika liku company yang harus saya lewati. Langsung saja kuy :). Bulan Januari awal sekalian liburan ada juga interview yang saya hadiri, yakni ABC President (Brand Executive) dan PT Liebra Permana (Organization Performance Manager). Keduanya batal dikarenakan negosiasi gaji yang bertepuk sebelah tangan. Eeeaaa


Selanjutnya di bulan Februari saat awal resign, ada panggilan 3 perusahaan sekaligus yakni Unilever, Indofood, dan Kalbe International. Tanggal rekruitmennya cek gambar yak guys. Ada hal yang unik saat rekruitmen ini. Yaitu, saat saya naik kereta menuju Yogyakarta untuk seleksi Unilever, di tengah perjalanan via kereta api, saya ditelpon HRD Indofood diminta seleksi tulis di Yogyakarta juga dan waktunya pas setelah seleksi Unilever. Alhamdulillah. Efektif dan efisien bukan?. Kulo jelasaken setunggal setunggal gih (Saya jelaskan satu per satu ya).

UNILEVER

Urutan seleksi Unilever untuk posisi yang saya lamar, Assistant Area Sales Manager (AASM) sebagai berikut
1.    Seleksi berkas
2.    Initial interview di Kampus UII Yogyakarta
3.    Tes online tentang kepribadian
4.  Presentasi studi kasus "Toko kelontong dengan jarak kurang dari 500 m". Saya diminta melihat ke lapangan apa penyebab toko kelontong yang ramai dan sepi. Presentasi dilakukan di Depo Unilever Yogyakarta. Mau tahu tips studi kasus ? baca postingan ini sampe selesai
5.   Deep interview. dilakukan sekaligus setelah presentasi studi kasus. Jadi dari 30 an orang yang lolos presentasi dpilih sekitar setengahnya saja untuk interview ini. SO? do the best saat presentasi. sesi ini dilakukan di Depo Unilever Yogyakarta
6.   Medical Check Up, saya lakukan di Prodia Kediri
7.   Offering 

Terimakasih kepada semua pihak yang membantu selama rekruitmen ini terutama sepupu saya, Mas Ferdi, Antropologi UGM yang bersedia memberikan tumpangan tidur di kontrakannya yang sekaligus sekretariat KMNU UGM. Meskipun banyak menungunya karena semua proses 6 bulan. Jadi kalau kalian minat program ini harus siap dengan resikonya yaps.Alhamdulillah akhirnya jalan yang Allah SWT pilihkan buat saya ada di Unilever untuk belajar lebih lanjut tentang dunia sales. Bismillah 

INDOFOOD

Program yang saya ikuti adalah SAWAZ Development Program untuk ditempatlan di Timur Tengah. Prosesnya sebagai berikut:
1. Seleksi berkas
2. Psikotes di Yogyakarta 
3. Interview HRD sekaligus setelah psikotes di Yogyakarta
4. Interview User
5. Offering dan MCU

Saya tidak jadi mengambilnya dikarenakan saya daftar untuk posisi marketing dan sales namun ditawarinya bagian Quality Control di Pabrik Indoffod, Jeddah, Arab Saudi. Hampir sebulan kemudia, saya ditawari lagi sebagai area sales coordinator di Timor Leste. Challenging banget karena harus babat alas bro. Namun saya lebih memilih Unilever

KALBE INTERNATIONAL

Seleksinya sebagai berikut
1.    Seleksi berkas
2.    Interview HRD di kantor Kalbe International, Pulomas Jakarta
3.    Presentasi tentang diri kita dan mimpi kita di kantor Kalbe International, Pulomas Jakarta
4.    Medical Check Up dan Offering


Pada kesempatan ini saya belum berhasil. Saya bersyukur diberikan kesempatan bergabung program ini dengan masuk 7 besar di Indonesia. FYI, program ini adalah Management Trainee untuk beberapa kandidat dari Asia Tenggara untuk mengembangkan bisnis Kalbe di luar negeri. Alhamdulillah. Ucapan terimakasih secara khusus saya haturkan kepada Bro Angger, orang yang sangat menbantu selama di Jakarta. Beliau ini adalah pecinta kucing dan kucing saya di rumah, SIMMI adalah pemberian gratis dari dia. hehe Thanks boss

ONE DAY NOTICE RECRUITMENT

Bukan hanya resign aja yg bisa one day notice, rekruitmennya juga bisa. Nih listnya hehe

16 Mei : Interview PT Kontrakperkasa Futures (ksh link kenapa gamau) Biz Senior Manager dg iming gaji 15jt, Ga hadir setelah membaca info review di Kaskus J

17 Mei : Interview PT Fresh On Time Seafood (dadakan ke JKTwaktu ga available) International Marketing/MT agak Lupa, Ga hadir setelah membaca info review di Kaskus J

23 Mei : Cek kelengkapan hardcopy PT Petrosida Gresik (email masuk tgl 21 di spam, trus tgl 22 siang ditelp, belum tes bebas narkoba dan tahan ijasah padahal masih tahap awal. [fyi dr 9000 berkas diambil 200 utk tahap psikotes, info dr temen di telegram])

24 Mei: PT Amartha Mikro Fintech (dadakan ke Jkt) Amartha Management Program, Ga hadir karena infonya H-1

29 Mei: Interview APPCO Group Management Trainee, Ga hadir karena infonya H-1 dan review Kaskus


Analisa one day notice apa ya?

Dari grup telegram yang saya ikuti, beberapa orangberpendapat bisa jadi strategi biar pelamar gabisa datang. Kebayang kan misal lokasi tes jakarta, pelamarnya di makassar. Mungkin bisa jadi untuk ngetes seberapa berani pengorbanan kita hehe. Apapun itu yang jelas semakin singkat tenggang waktunya, maka semakin sedikit waktu kita untuk mempersiapkan segala hal terkait rekruitmen. Pemberitahuan siang/sore, besok pagi minta hadir. Logis? Kalau saya berkaca dari Running Man recruitment yg saya alami, akhirnya saya memilih lebih selektif dalam bertindak untuk mengikuti proses. Bukan ga bersyukur, justru saya semakin yakin jika kita #DoaKerjaDoa dan memiliki mindset memilih kerja bukan mencari kerja, Insya Allah akan banyak pilihan yang diberikan-Nya kepada saya. Toh makin kesini saya lebih bersemangat mempelajari startup business. Saat mengetik ini, saya sebenernya sudah enggan apply kerja. Hasrat untuk berbisnis sudah sangat memuncak. Bismillah saja, saya jalani semua entah proses kerja maupun bisnis. Serahkan saja kepada Allah SWT mana yang terbaik.

REKRUITMEN LAIN

3 Juni: Tes Tulis BI, Capital Market Professional Dev Program, Ga Lulus Tulis
6 Juni: Psikotes Nutrifood Marketing Sales Executive, Ga lulus Tulis
13 Juli 2017: MT Reckitt Benkiser, Ga hadir HR Interview karena sudah offering Unilever
17 Juli 2017: Telkomsel Trainee, Ga hadir HR Interview karena sudah offering Unilever
27 Juli 2017: P&G, Ga hadir Global Reasoning Test karena sudah offering Unilever


BABONKU.COM

[28 Mei: Meeting Perdana Babonku.com with Hendi OK]

Babonku: Butuh ternak, belanja enak (Pasar Peternakan Online Terlengkap). Mimpinya memutus rantai pasok dan fair, makelar juga bisa jualan peternak juga lgsg bisa. Kan hukum ekonomi harga mahal tjd ketika permintaan tingi tetapi suplai rendah atau suplai dan permintaan imbang namun daya beli turun (red-harga komoditas MAHAL). Ngedit dikit lirik lagu Galang Rambu Anarki-Iwan Fals “Daging naik tinggi, Pasar tak terbeli”. Hehe Doakan saja, sambil bekerja, saya ingin membesarkannyan juga. Saya sangat membuka kesempatan kerjasama bagi semua pihak, terutama Investor. Cek Fanpage FB, Twitter, dan Instagram Officialnya ya :). Masukan dan kerjasama sangat ditunggu.

Well, harusnya ada meeting dengan Mr Michael Cady (USA), Founder Resurgent Consulting LLC namun saya batalkan dikarenakan bentrok dengan training Unilever.

ENGLISH COURSE

Sembari menenangkan diri, saya kursus bahasa inggris di Kampung Inggris Pare Kediri yang me-legenda (cek gampang timeline di atas) J. Kursus yang saya ambil meliputi public speaking dan interview (Daffodils Course), grammar for speaking (Kresna Course), dan IELTS (Elfast Course). Lumayan upgrade skill bahasa inggrisku di Pare dan serasa menjadi mahasiswa lagi. Ha ha ha

SELF IMPROVEMENT


Sela sela waktu les bahasa inggris, saya manfaatkan untuk menambah kapasitas lain dengan belajar dari mbah Google. Saya mempelajari banyak hal seperti reksadana, properti, bisnis suplier, dan investasi tabungan (deposito, emas, dan dolar). Alhamdulilah setelah belajar beberapa bulan, semua saya amalkan ilmunya #Asyiiik kecuali properti, deposito, dan dolar karena ada pertimbangan lain yang tidak bisa disebutkan disini. Prinsipnya “belajar, belajar, praktek”. Praktek dengan perhitungan loh ya. bukan gambling. he he he. Intinya meski nanti entah sudah bekerja/berbisnis, saya berharap mempunyai penghasilan lain yang tak kalah besar. Bismillah.

AKHIR DARI LIKA LIKU

Finally, setelah minimal ada kesempatan dari 12 perusahaan dan 7 diantaranya saya hadiri, Bismillah saya memilih bekerja di Unilever dengan tetap menjaga asa dan usaha untuk merintis Babonku.com. Bismillah dan mohon doanya.

Harta yang paling berharga adalah keluarga namun penantian yang paling berharga adalah kesabaran saat dicoba

Beberapa tips lain tentang dunia pasca kampus bisa cek link berikut:
1 Tips Memilih Kerja. DISINI
2 Tips Mengerjakan Studi Kasus. DISINI
3 Tips Psikotes. DISINI
4 Tips FGD. DISINI
5 Tips Interview. DISINI


NB: Ini hanya sedikit cerita tersurat, cerita tersirat bisa dicek di Tumblr saya yang secara khusus saya jadikan tempat curhat di dunia maya semenjak lika liku ini hhahaha. CekDISINI

#SyukurHabit#nexSTeP#NextLevel#TopLevel#Aksel25#DoaKerjaDoa#PositiVibes


We have been providing the best information about Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua For you. If you liked this information, please tell your friends on Facebook, Twitter, Pinterest, Google plus or Email using social buttons below. Happy Reading ^_^. Mohammad Nizam Mustaqim

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Desain Kemasan

ESAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT