Lomba Surat untuk Rektor IPB

Welcome friends  Mohammad Nizam Mustaqim’s Blog. In this blog you will get some informations about :
my favorite writing for Lomba Surat untuk Rektor IPB | Lomba Surat untuk Rektor IPB I believe | Lomba Surat untuk Rektor IPB can give you inspiration and more others benefit

Kepada
Bapak Rektor Institut Pertanian Bogor
Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto M.Sc
Di Tempat
            Bapak Rektor ,Prof. Dr.  Ir. Herry Suhardiyanto M.Sc, yang saya hormati, menurut saya, beasiswa merupakan salah satu penunjang dalam kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi termasuk Institut Pertanian Bogor (Bogor Agricultural University). Beasiswa memang diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan dan  layak untuk  memperolehnya,  yakni mahasiswa yang kurang mampu dalam segi ekonomi dan mahasiswa mampu namun cukup berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Saya ingin mengusulkan sebuah ide kepada Bapak, yaitu adanya beasiswa bagi para mahasiswa yang ingin membuka usaha (berwirausaha) yang saya beri nama “entrepreneur schoolarship”. Saya mengusulkan ini karena banyak mahasiswa yang ingin berwirausaha tetapi terkendala masalah modal tak terkecuali saya sendiri yang sangat berkeinginan untuk membuka usaha yang dapat menciptakan lapangan kerja baru. Saya mengusulkan ini karena melihat IPB yang berkomitmen  dalam mengembangkan jiwa entrepreneurship  pada diri mahasiswa sebagaimana telah tercantum di dalam lima pilar pokok pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB).
            Saya juga mempunyai ide kalau  penerima beasiswa ini diberikan pelatihan dan kegiatan turun lapang (field trip) sebelum memperoleh beasiswa yang nantinya akan digunakan sebagai modal pendukung usaha. Oleh karena itu, proses seleksi harus dilakukan secara selektif  agar penerima  beasiswa benar-benar orang yang memiliki jiwa wirausaha yang tinggi dan berkomitmen untuk bekerja keras bagi perkembangan usahanya kelak.
            Setelah melihat minat berwirausaha yang besar dari mahasiswa  IPB, maka strategi yang efektif dan efisien dalam menyikapinya adalah  dengan menerapkan sistem ikatan kerja atau bagi hasil. Penerapannya sebagai berikut:
a)      IPB memberikan modal kepada mahasiswa;
b)      Modal dikembangkan sebagai pendukung usaha;
c)      Jika usaha mulai berkembang (telah mencapai laba sesuai perjanjian dengan IPB) maka keuntungan itu dipotong ± 3-10% yang akan dikelola sebagai dana tambahan untuk beasiswa entrepreneur  schoolarship  ini;
d)      Usaha yang sudah berkembang itu bisa dijadikan tempat tujuan terjun lapang  ( field trip) untuk sharing informasi  dan pengalaman berwirausaha bagi para penerima beasiswa ini selanjutnya atau bisa juga dijadika tempat magang bagi mahasiswa yang ingin belajar wirausaha baik itu penerima beasiswa maupun mahasiswa yang tudak menerima beasiswa entrepreneur shoolarship ini.
Sehingga terjadi perputaran siklus yang saling menguntungkan  dan bisa menampung minat dan bakat mahasiswa di dalam kewirausahaan.
            Sebagai tambahan untuk potongan keuntungan bisa juga didasarkan pada interval laba yang diperoleh misalnya laba kurang dari 1 juta rupiah  dipotong 1%, laba  1-2 juta rupiah dipotong 4%,dan seterusnya. Untuk masalah potongan ini saya serahkan sepenuhnya kepada kebijakan IPB mengenai prosentasenya asalkan telah dibuat persetuuan dan perjanjian bermaterai di atas kertas antara pihak kampus dengan mahasiswa penerima beasiswa.
            Selain itu, saya berpikir agar usaha yang dibiayai sebaiknya mengusahakan pertanian (mengandung unsur  pertanian) sehingga bisa ditanamkan jiwa cinta pertanian Indonesia seperti yang sering diteriakkan hampir pada semua acara IPB yang pernah saya ikuti. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah usaha itu harus berbasis ramah lingkungan  sesuai pilar pendidikan IPB yang lain yakni environmental concern (kepedulian terhadap lingkungan yang tinggi) sehingga bisa tercipta usaha yang menghasilkan profit dan selaras dengan alam atau ramah lingkungan. Serta, saya mempunyai harapan  dan impian  kalau program ini bisa terwujud bahkan bisa dikelola secara berkesinambungan, saya yakin aka muncul entrepreneur-enterpreneur  muda yang andal yang akan menjadi mesin penggerak  roda perekonomian Indonesia sehingga cita-cita Negara untuk menciptakan  Negara yang sejahtera dapat terwujud. Dan saya juga berharap jumlah wirausahawan di Indonesia terus meningkat seiring dengan pertambahan populasi manusia karena wirausahawan  di Indonesia sekarang ini jumlahnya masih  kurang dari dua persen penduduk tanah air. Padahal menurut teori David McClelland yang menyatakan bahwa suatu Negara akan menjadi makmur apabila mempunyai  entrepreneur  sedikitnya dua persen dari total penduduknya. Teori ini telah terbukti di Negara tetangga kita, Singapura  yang kehidupannya lebih sejahtera dari bangsa Indonesia karena  memiliki wirausahawan  ± tujuh persen dari total jumlah penduduknya. Saya sangat berharap usul saya ini bisa diterima karena saya berpikir inilah salah satu jalan dari beragam jalan yang bisa mengantarkan Indonesia menuju kehidupan yang sejahtera.




Hormat Kami,

                        Nama                                       : Mohammad Nizam Mustaqim
                        Departemen/ Fakultas               : TIN/FATETA
                         No. HP                                  : 085230734066






We have been providing the best information about Lomba Surat untuk Rektor IPB For you. If you liked this information, please tell your friends on Facebook, Twitter, Pinterest, Google plus or Email using social buttons below. Happy Reading ^_^. Mohammad Nizam Mustaqim

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Desain Kemasan

ESAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua