Susu Sapi Inovasi Fortifikasi Emerita sp yang Kaya Omega 3

Welcome friends  Mohammad Nizam Mustaqim’s Blog. In this blog you will get some informations about :
my favorite writing for Susu Sapi Inovasi Fortifikasi Emerita sp yang Kaya Omega 3 | Susu Sapi Inovasi Fortifikasi Emerita sp yang Kaya Omega 3 I believe | Susu Sapi Inovasi Fortifikasi Emerita sp yang Kaya Omega 3 can give you inspiration and more others benefit


            Susu menjadi salah satu hal yang sering kita dengar. Sejak kecil kita didoktrin bahwa kalau ingin dikatakan hidup sehat maka harus minum susu.  Susu merupakan produk pangan yang menjadi sumber utama pemenuhan kebutuhan kalsium (Ca) tubuh (Syarifah, 2007). Komponen-komponen yang penting dalam air susu adalah protein, lemak, vitamin, mineral, laktosa serta enzim-enzim dan beberapa mikroba (Lampert, 1980). Para ahli gizi merekomendasikannya sebagai minuman yang menyehatkan karena kandungan gizi dan asam aminonya yang lengkap. Kandungan gizi tersebut antara lain laktosa yang berfungsi sebagai sumber tenaga, kalsium yang membantu dalam pembentukan massa tulang, lemak yang menghasilkan energi serta vitamin A, D, E, dan K, protein yang kaya akan kandungan lisin, niasin, dan ferrum, serta mineral-mineral lain seperti magnesium, seng, dan potassium (Susilorini dan Sawitri, 2006). Komposisinya yang mudah dicerna dengan kandungan protein, mineral, dan vitamin yang tinggi, menjadikan susu sebagai sumber bahan makanan yang fleksibel yang dapat diatur kadar lemaknya, sehingga dapat memenuhi keinginan dan selera konsumen (Saleh, 2004). Di negara kita tingkat konsumsi susu sapi sangat besar , sekitar 10 liter per kapita per tahun, namun masih di bawah Vietnam yang mencapai 11 liter per kapita per tahun. Hal inilah yang perlu menjadi perhatian serius bangsa Indonesia. Bila kita ingin mewujudkan tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa, sudah seharusnya masyarakatnya terbiasa hidup sehat. Salah satunya dengan minum susu.
            Inovasi  yang belum begitu dilirik orang adalah membuat susu sapi yang dikombinasikan dengan undur undur laut. Undur undur laut memiliki nama latin Emerita sp. Di Indonesia, sebaran Emerita sp. belum banyak diketahui. Di daerah pesisir selatan Yogyakarta, Emerita sp. biasa disebut undur-undur laut, sedangkan di beberapa daerah di Indonesia, masyarakat menyebutnya sebagai ketam pasir atau Ketam laut. Selama hidupnya, hewan ini mempunyai perilaku yang khas. Pada saat ombak datang, Emerita sp. akan keluar dan melompat dari pasir pantai, yang kemudian akan masuk kembali pada saat ombak surut. Penambahan undur undur laut dimaksudkan untuk meningkatkan kandungan asam lemak omega 3 (EPA dan DHA). undur-undur laut mengandung lemak total antara 17,22-21,56 persen. Kandungan asam lemak omega-3 total (EPA dan DHA) juga cukup tinggi, berkisar antara 7,75-14,48 persen lebih tinggi dibandingkan dengan jenis crustacea lain seperti udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting. Kandungan EPA (6,41-8,43 persen) lebih tinggi daripada DHA (1,34 - 6,57 persen). Omega 3 berfungsi untuk meningkatkan daya ingat otak manusia. Asam lemak ini  ditambahkan karena mayoritas konsumen susu Indonesia adalah balita dan anak-anak yang memerlukan kualitas daya ingat baik. Penambahan zat gizi ke dalam susu sapi yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia biasa disebut dengan fortifikasi. Fortifikasi didefinisikan sebagai penambahan zat-zat gizi ke dalam bahan pangan. Fortifikasi terhadap suatu bahan pangan  bertujuan meningkatkan nilai gizi bahan pangan dan juga untuk meningkatkan konsumsi suatu zat gizi tertentu oleh masyarakat (Muchtadi  et al., 1993).
            Selain itu susu fortifikasi undur undur laut (Emerita sp) juga bisa digunakan sebagai pangan fungsional. Pangan fungsional adalah pangan yang  karena  kandungan komponen aktifnya  dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, di luar  manfaat yang  diberikan oleh  zat-zat gizi yang  terkandung  di dalamnya (Badan POM 2001) . undur undur laut dapat dijadikan sarana mencegah penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa Omega 3 dapat mencegah penyakit jantung dan  penyakit lain yang berhubungan dengan jantung, hal ini dikarenakan Omega 3 meningkatkan elastisitas arterial. Menurunkan resiko aritmia (detak jantung yang abnormal) dan juga tekanan darah tinggi. Omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan mata dan penglihatan secara umum, karena Omega 3 merupakan komponen utama dari retina.
            Susu ini juga terjamin kehalalannya karena susu yang berasal dari sapi difortifikasi dengan Emerita sp yang notabene hewan laut yang telah dijelaskan kehalalannya di dalam Al-qur’an. Allah berfirman dalam surat Al Maa'idah ayat 96 yang artinya “Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan”. Oleh karena itu, mari kita bersama membiasakan diri untuk bergaya hidup sehat dengan mengonsumsi susu terutama susu inovasi  ini. Susu inovasi  yang halal akan membawa kebaikan juga. SUSU SEHAT, BADAN KUAT, NEGARA HEBAT.


Tulisan ini diikutsertakan dalam LOMBA BLOG HALAL IS MY LIFE









We have been providing the best information about Susu Sapi Inovasi Fortifikasi Emerita sp yang Kaya Omega 3 For you. If you liked this information, please tell your friends on Facebook, Twitter, Pinterest, Google plus or Email using social buttons below. Happy Reading ^_^. Mohammad Nizam Mustaqim

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Desain Kemasan

ESAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua