Sinar Kejayaan: Kolaborasi Sinergis antara BBN dengan POTAS

Welcome friends  Mohammad Nizam Mustaqim’s Blog. In this blog you will get some informations about :
my favorite writing for Sinar Kejayaan: Kolaborasi Sinergis antara BBN dengan POTAS | Sinar Kejayaan: Kolaborasi Sinergis antara BBN dengan POTAS I believe | Sinar Kejayaan: Kolaborasi Sinergis antara BBN dengan POTAS can give you inspiration and more others benefit


            Pergeseran pengelolaan energi dunia saat ini dari sisi penawaran ke sisi permintaan dan adanya komitmen internasional untuk mengurangi emisi gas karbondioksida (CO2) membuat peran Bahan Bakar Nabati (BBN) menjadi penting. Bahan Bakar Nabati (BBN) adalah bahan bakar dari sumber hayati. Berdasarkan laporan International Energy Agency (IEA) diprediksi bahwa pada tahun 2050 BBN dapat menurunkan kebutuhan bahan bakar minyak bumi sebanyak 20- 40% (Azahari, 2008).
            Indonesia adalah negara tropis, sehingga hampir keseluruhan jenis tanaman penghasil minyak nabati dapat tumbuh dengan cepat seperti kelapa sawit, Jarak, dan tanaman multifungsi yang terlupakan, Mimba. BBN meliputi biodiesel, bioetanol, biooil, dan biogas. Indonesia berpeluang menjadi Raja BBN Dunia. Raja BBN Dunia adalah negara dengan kepemilikan kapasitas dan kualitas produksi BBN tertinggi dibandingkan negara- negara lain. 
            Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki tingkat biodiversitas yang tinggi. Bila semua kelimpahan kekayaan alam di Indonesia dapat dimanfaatkan dengan baik maka sinar kejayaan tinggallah menunggu waktu. Kita mungkin hanya mengenal sawit dan jarak sebagai penghasil minyak nabati. Tetapi ada satu tanaman multifungsi yang ingin penulis perkenalkan yakni, Mimba. Tanaman ini dimanfaatkan mulai dari batang, daun, buah, bunga, hingga rantingnya. Selain digunakan sebagai pestisida nabati dan obat herbal, tanaman ini juga menghasilkan minyak nabati yang tinggi. Negara India telah membuktikan potensi besar tanaman ini. Sekarang giliran Indonesia yang harus menggali kekayaan nabati Mimba.
            Indonesia  juga merupakan negara kepulauan terbesar di  dunia, yang berbatasan dengan 10 negara tetangga  di  darat dan di laut. Berdasarkan data yang diperoleh dari Ekspedisi Pulau-Pulau Terdepan, potensi sumber Daya Alam daerah perbatasan sangat dahsyat berupa kekayaan alam yang meliputi alam yang sangat indah, hutan-hutan yang hijau, sungai-sungai besar, limpahan ikan laut, tambang, mineral, dan sebagainya yang belum termanfaatkan dengan baik. Kemudian potensi budaya berupa bahasa (dialek) yang beragam, alat musik, tari-tarian, adat-istiadat dan sebagainya. Termasuk di dalamnya potensi ekonomi sebagai penopang kesejahteraan bangsa. Potensi Daerah Perbatasan (POTAS) yang sangat berpotensi dan memiliki nilai estetika tinggi belum banyak dimanfaatkan. Hal ini sudah seharusnya kita eksplorasi lebih serius lagi karena selaa ini telah terjadi kesenjangan sosial yang besar di daerah perbatasan Indonesia. Melalui UU No. 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, Kawasan Perbatasan saat ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis  Nasional dari sudut pandang  pertahanan  dan keamanan.  Penggunaan istilah ini perlu diinterpretasikan lebih jelas lagi karena pengembangan kawasan perbatasan bukan hanya berorientasi kepada pendekatan hankam semata, melainkan harus diselaraskan dengan pendekatan kesejahteraan. Kedua paradigma pendekatan ini menjadi strategi  pengembangan kawasan  perbatasan yang tepat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, untuk menjamin kedaulatan wilayah NKRI. 
            Kejayaan bangsa adalah cita-cita kita semua. Salah satu cara untuk meraihnya dengan mengolaborasikan antara potensi minyak nabati dengan potensi besar yang tersimpan di daerah perbatasan Indonesia. Perpaduan keduanya akan menciptakan suatu formula apik dan sinergis untuk menjadi pilar pembangunan bangsa demi tugas suci nan mulia, menyejahterakan kehidupan bangsa. Merintis pembangunan memang hal yang tidak mudah tetapi bila tidak segera diawali, gemilang sinar kejayaan tidak mungkin menghampiri negeri ini. Tetap semangat, mulai dari diri kita dan yang penting mulai sekarang juga.




We have been providing the best information about Sinar Kejayaan: Kolaborasi Sinergis antara BBN dengan POTAS For you. If you liked this information, please tell your friends on Facebook, Twitter, Pinterest, Google plus or Email using social buttons below. Happy Reading ^_^. Mohammad Nizam Mustaqim

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Desain Kemasan

ESAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua