Artkel PPWI: Idealnya Wakil Rakyat

Welcome friends  Mohammad Nizam Mustaqim’s Blog. In this blog you will get some informations about :
my favorite writing for Artkel PPWI: Idealnya Wakil Rakyat | Artkel PPWI: Idealnya Wakil Rakyat I believe | Artkel PPWI: Idealnya Wakil Rakyat can give you inspiration and more others benefit

            Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi asas kehidupan demokrasi. Demokrasi dalam arti pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta dalam pemerintahan melalui perantaraan wakilnya. Bahkan demokrasi biasanya diartikan sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Negara demokrasi pasti sangat memperhatikan kepentingan rakyatnya. Kepentingan rakyat yang harus disampaikan melalui perwakilannya di lembaga pemerintahan sesuai prosedur yang berlaku di Indonesia.
            Anggota dewan memang orang-orang yang hebat karena dapat mengalahkan lawan politiknya dengan beragam strategi. Namun, rakyat Indonesia sangat membutuhkan orang-orang yang kredibel dan dapat mengemban amanah rakyat. Berikut ini adalah sifat-sifat yang harus dimiliki oleh para calon anggota dewan perwakilan rakyat Indonesia agar menjadi wakil yang ideal bagi warganya.
1.      Beriman

Kita harus memilih pemimpin orang yang beriman, bertaqwa, selalu menjalankan perintah Allah dan rasulnya. Karena peimpin yang berada pada trek kebenaran akan membawa kita kepada kehidupan yang damai, tentram, dan bahagia. Disamping itu, calon anggota dewan haruslah orang-orang yang senantiasa beramal soleh tanpa pamrih seperti gemar menyantuni orang miskin.

2.      Cerdas

Seorang anggota dewan dituntut memiliki kecerdasan (intelektual) yang tinggi. Negara Indonesia dengan segala permasalahan yang serba kompleks ini sangatlah membutuhkan orang-orang yang mempunyai ketajaman dan ketangkasan pikiran untuk mengatasi problematika bangsa. Selain itu, mereka juga disyaratkan memiliki pengetahuan yang luas mengenai hukum.

3.      Dapat dipercaya

Calon anggota DPR adalah orang-orang yang akan menjadi perwakilan rakyat dan membawa aspirasi di pemerintahan. Oleh karena itu, seorang yang diberikan rakyat amanah (kepercayaan) haruslah dapat dipercaya sehingga suara rakyat akan selalu menjadi pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan.

4.      Jujur

Kejujuran merupakan hal yang mahal dan langka di negara ini. Bagaimana tidak, banyak sekali orang Indonesia yang telah melakukan tindakan tidak jujur  mulai dari hal kecil hingga korupsi yang menggerogoti negeri. Perwakilan rakyat yang jujur pasti memiliki kredibilitas yang tinggi dan akan melakukan segala aktivitasnya di pemerintahan dengan nilai luhur kejujuran.

5.      Transparan

Kejelasan atau yang kita sebut transparan selayaknya menjadi acuan utama Dewan Perwakilan Rakyat dalam menjalankan tugasnya.  disiplin Transparan bukan berarti harus menjelaskan semua hal kepada rakyat. Namun, menjelaskan beberapa hal yang perlu dibuka secara umum agar masyarakat dapat mengawasi secara langsung.

6.      Disiplin

Suatu kontribusi maksimal pastilah beriringan dengan kedisiplinan. Disiplin dalam segala hal mulai dari waktu hingga tata tertib. Orang yang terbiasa hidup disiplin pasti akan menerapkan prinsip ini termasuk di dunia politik yang penuh aroma persaingan ketat. Anggota dewan yang memiliki sifat disiplin diharapkan mampu membedakan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan rakyat.

7.      Tanggung jawab

Anggota DPR yang terpilih sudah seharusnya terbukti sifat tanggung jawabnya. Bukan hanya sekedar obral janji tetapi juga harus ada realisasi. Tanggung jawab seorang anggota dewan pastinya akan membawa negara ini ke arah yang lebih mandiri. Orang yang bertanggung jawab dapat menjalankan tugasnya secara responsif, aplikatif, dan berusaha menciptakan kehidupan yang kondusif.

8.      Adil

Sila kelima dari pancasila mengenai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia memberikan penekanan bahwa warga negara Indonesia terutama anggota DPR harus bersikap adil. Adil berarti mampu membedakan antara kebenaran dengan kebatilan sehingga ketika meraih jabatan, seorang anggota DPR tidak akan bertindak semena-mena terhadap rakyat kecil.

9.      Komitmen

Komitmen adalah janji untuk melakukan sesuatu. Orang yang memiliki komitmen pasti siap untuk berkontribusi untuk negeri. Komitmen yang harus dilihat yaitu rasa peduli untuk menyejahterakan kehidupan rakyat.

10.  Ikhlas

Segala sesuatu senantiasa dilandasi oleh niat. Niat yang baik akan membawa hasil yang baik pula. Begitu juga sebaliknya, niat yang buruk akan membawa kehancuran dalam kehidupan. Anggota dewan yang kompeten harus memiliki niat tulus ikhlas untuk memperjuangkan nasib rakyat. Memang niat itu bersifat abstrak atau sulit ditebak. Namun, anggota DPR yang ikhlas akan terlihat dalam segala tindakan yang dilakukannya. Ibarat air jernih yang akan menghasilkan bayangan yang jernih pula. Begitu juga niat yang ikhlas akan berjalan selaras dengan karakter anggota dewan yang khas.

11.  Mau mendengar suara rakyat

Aspirasi adalah suatu harapan bahkan dapat disebut sebagai kebutuhan. Bila subyeknya rakyat, sudah jelas bahwa suara rakyat adalah harapan dan kepentingan rakyat. Anggota dewan yang baik harus mau mendengar suara rakyat karena DPR adalah fasilitas utama rakyat untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah.

12.  Tegas

Ini merupakan sikap seorang pemimpin yang selalu di idam-idamkan oleh rakyatnya. Tegas bukan berarti otoriter, tapi tegas maksudnya adalah yang benar katakan benar dan yang salah katakan salah serta melaksanakan aturan hukum yang sesuai dengan Allah, SWT dan rasulnya. Tegas memiliki pengertian yang hampir sama dengan adil. Kalau adil lebih cenderung mempertimbangkan sesuatu perkara agar dapat menepati hak-hak rakyat. Sedangkan tegas memberikan pengertian  bahwa keputusan anggota DPR tidak dilakukan dengan ragu-ragu. Sehingga anggota DPR yang memiliki sifat tegas pasti memiliki juga sifat adil.

            Kedua belas karakter yang harus dimiliki anggota DPR di atas merupakan karakter yang akan membawa kehidupan bernegara menjadi lebih ideal. Karakter-karakter tersebut telah menjadi idaman semua masyarakat Indonesia. kerinduan rakyat negeri ini akan kesejahteraan sudah seharusnya terobati oleh orang-orang yang memiliki karakter-karakter tersebut. Meski tidak ada makhluk yang seratus persen sempurna sehingga terasa mustahil untuk memenuhi semua kriteria di atas. Tetapi, paling tidak beberapa dari karakter tersebut dapat dipenuhi oleh anggota DPR. Lebih baik satu terpenuhi daripada tidak sama sekali. Kerinduan masyarakat Indonesia akan kehadiran anggota DPR yang dapat menyampaikan aspirasi mereka. Aspirasi yang keluar dari suara hati, aspirasi yang disuarakan rakyat seantero negeri, dan aspirasi yang memerlukan sebuah realisasi, bukan hanya sekedar janji. Semoga dengan adanya dua belas kriteria ini, rakyat semakin cerdas dan cermat dalam memilih agar mendapat pilihan yang tepat. Pilihan yang sangat peduli terhadap nasib bangsa ini dan bisa menjadi wakil rakyat dalam memperjuangkan semua aspirasi serta mewujudkan sebuah implementasi politisi yang murni dari hati.


Nama                                       : Mohammad Nizam Mustaqim
Tempat/Tanggal Lahir : Gresik, 29 Juli 1993
Nama Universitas                    : Institut Pertanian Bogor
Alamat Universitas                 : Jalan Raya Darmaga Kampus IPB Darmaga Bogor 16680
                                                  Jawa Barat Indonesia  Telepon +62258622642
Alamat Rumah                        : Jalan Sindujoyo 18 No. 37 Gresik Kode Pos 61117                                                                          Telepon 0313904603 (qq Mohammad Yazid)
Nomor Telepon Seluler           : 085230734066
Alamat E-mail                         : cak.elmundo@gmail.com
Akun Facebook                       : munimus29@yahoo.com

Akun Twitter                          : @cakelmundo

We have been providing the best information about Artkel PPWI: Idealnya Wakil Rakyat For you. If you liked this information, please tell your friends on Facebook, Twitter, Pinterest, Google plus or Email using social buttons below. Happy Reading ^_^. Mohammad Nizam Mustaqim

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Desain Kemasan

ESAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua