ABSTRAKSI: Potensi Mimba

Welcome friends  Mohammad Nizam Mustaqim’s Blog. In this blog you will get some informations about :
my favorite writing for ABSTRAKSI: Potensi Mimba | ABSTRAKSI: Potensi Mimba I believe | ABSTRAKSI: Potensi Mimba can give you inspiration and more others benefit


            Selama tiga dasawarsa terakhir potensi  dan kondisi hutan Indonesia  semakin menurun, oleh karenanya upaya pemulihan lahan kritis melalui penghijauan (reboisasi) semakin dirasakan urgensinya. Jenis  tanaman yang dipilih untuk kegiatan rehabilitasi lahan harus memenuhi kriteria lingkungan guna tercapainya perbaikan ekosistem dan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Mimba (Azadirachta indica Juzz) adalah jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai tanaman rehabilitasi lahan kritis yang bernilai ekonomis. Mimba memiliki keunggulan sebagai tanaman yang mampu tumbuh hampir di segala kondisi termasuk pada lahan kritis yang ekstrim kering. Selain itu Mimba juga merupakan jenis tanaman yang memberikan banyak manfaat, diantaranya dapat digunakan sebagai bahan pestisida nabati, bahan baku obat tradisional, dan bahan baku industri  keperluan rumah tangga. Mengingat keunggulan tersebut maka Mimba merupakan tanaman alternatif rehabilitasi lahan yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat.
            Bila dilihat dari aspek biologi dan farmakologi, Mimba memiliki efek anti serangga dengan azadirachtin sebagai komponen yang paling potensial. Ekstrak daun dapat berefek sebagai fungisida alami pada pengendalian penyakit antraknosa pada apel pasca panen, berefek insektisida terhadap larva Aedes aegypti. Daun juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan,untuk menanggulangi disentri, borok, malaria, anti bakteri. Ekstrak biji berpengaruh sublethal terhadap struktur mikroanatomi ventrikulus dan pengham batan pertumbuhan Plasmodium berghei pada mencit. Minyak untuk mengatasi eksim, kepala yang kotor, kudis, cacing, menghambat perkembangan dan pertumbuhan kuman. Kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri lambung, penguat, penurun demam. Buah dan getah digunakan sebagai penguat. Mimba juga menarik banyak lebah sehingga menghasilkan madu Mimba bercita rasa tinggi.
            Rencana jangka panjang yang sangat menguntungkan adalah Mimba digunakan sebagai bahan baku industri seperti sabun cuci, sabun mandi, kosmetik, shampo, pasta gigi, dan krim perawatan kulit. Selain itu, Mimba bisa diproduksi secara massal untuk keperluan industri pestisida nabati sebagai penopang pupuk organik sehingga produk pertanian zero pestiside bisa terwujud. Bila penanaman tanaman nimba dilakukan pada areal yang luas, maka produktivitas lahan dapat ditingkatkan melalui pola tanam tumpang sari atau penanaman tanaman lain. Misalnya: wijen, jarak, tanaman obat, dan tanaman penghasil minyak yang tahan terhadap iklim kering.
RINCIAN ANGGARAN

Pupuk kandang 1 karung @Rp 17.000             Rp  17.000
UREA 20 kg@Rp 2.000                                    Rp  40.000
TSP 40 kg@ Rp 1.500                                       Rp  60.000                  
Bibit Mimba 80 buah@Rp 2000                        Rp 160.000
Transportasi                                                        Rp   50.000

                                                                                    Rp  327.000

We have been providing the best information about ABSTRAKSI: Potensi Mimba For you. If you liked this information, please tell your friends on Facebook, Twitter, Pinterest, Google plus or Email using social buttons below. Happy Reading ^_^. Mohammad Nizam Mustaqim

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Desain Kemasan

ESAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua