MY DREAM IN MINANGKABAU

Welcome friends  Mohammad Nizam Mustaqim’s Blog. In this blog you will get some informations about :
my favorite writing for MY DREAM IN MINANGKABAU | MY DREAM IN MINANGKABAU I believe | MY DREAM IN MINANGKABAU can give you inspiration and more others benefit


Sejuta Pesona Minangkabau Impianku
            Sumatera Barat merupakan suatu provinsi yang menyimpan beribu macam obyek wisata yang menarik. Obyek pariwisata ini dapat berupa panorama alam, peninggalan sejarah, dan tempat-tempat yang memiliki nilai legendaris. Sumatera Barat sangat kental akan budaya Minang eksotis. Saya yakin, semua orang yang mengetahui potensi wisata ranah Minang pasti akan tertarik untuk mengeksplorasinya tak terkecuali penulis. Ketertarikan saya akan kultur budaya Minang sangatlah besar. Dari kecil saya selalu berharap diberi kesempatan untuk melihat beragam budaya suku di  Indonesia terutama tanah eksotis, Minangkabau.
            Presiden RI pertama, Ir. Soekarno pernah mengatakan janga sampai kita melupakan sejarah atau yang dikenal luas dengan istilah JAS MERAH. Ini bukanlah isapan jempol belaka karena bagi saya, orang yang hebat selalu belajar dari sejarah. Peninggalan sejarah yang ingin saya kunjungi adalah Benteng Fort De Kock dan Lubang Japang. Benteng Fort De Kock dibangun di puncak sebuah bukit di Bukittinggi tahun 1825, pada waktu terjadi perlawanan rakyat yang dipimpin Tuanku  Imam Bonjol dan Hariamau Nan Salaban. Saya ingin melihat secara langsung bekas parit pertahanan Belanda dan meriam kuno di sekitar benteng. Sedangkan Lubang Japang adalah sebuah terowongan yang panjangnya ratusan meter dan berbelok belok dibawah permukaan tanah Kota Bukittinggi. Ditempat-tempat tertentu dalam terowongan terdapat kamar-kamar. Perhatian utama saya pada obyek ini adalah mulut terowongan yang ada di beberapa tempat termasuk gedung Bung Hatta. Selain itu, saya ingin menyaksikan peninggalan purbakala yang ada di Museum Arkeologi Balibuih.
            Setiap orang pasti sering mendengar legenda-legenda rakyat turun-temurun yang berasal dari bumi eksotis, Minang. Penulis berharap diberi kesempatan untuk menyaksikan tempat-tempat yang menjadi korban abadi cerita rakyat. Obyek tujuannya jelas, Pantai Aia Manih dan Taman Siti Nurbaya. Bebatuan di Pantai Aia Manih dilegendakan sebagai Kapal Malin Kundang yang telah menjadi batu karena bentuknya yang menyerupai kapal. Sedangkan Taman Siti Nurbaya merupakan setumpukan batu yang dianggap sebagai kuburan Siti Nurbaya dengan kekasihnya Syamsul Bahri yang terletak di lereng Gunung Padang. Dengan kunjungan ini saya ingin lebih menghayati cerita tentang Romeo-Julietnya Indonesia ini.


            Berkunjung ke tanah Minangkabau adalah sebuah kesempatan istimewa sehingga tak mungkin saya akan membiarkan keindahan dan keelokan panorama alamnya luput dari obyek eksplorasi saya. Tempat yang ingin saya kunjungi adalah pantai, lembah, danau, dan lain-lain. Tujuan incaran saya adalah Kepulauan Mentawai, Danau Singkarak, Lembah Anai, Lembah Harau, gua Ngalau Indah, dan yang paling membuat saya penasaran, Danau Diatas Dibawah. Bagaimana ya sejarahnya?. Serta, saya sangat ingin berkesempatan melihat daerah penghasil gula merah dan kampil yang terkenal dengan kampil Matur. Pembuatan gula itu, secara tradisional maupun modern dapat disaksikan langsung oleh siapapun yang berkunjung. Kunjungan ini sekaligus menjadi tempat studi banding saya yang memiliki latar belakang pendidikan pertanian. Ungkapan sambil menyelam, minum air mungkin cocok dengan obyek ini karena disamping berlibur saya juga akan mendapat tambahan ilmu yang berharga.
             Inti dari eksplorasi ranah Minang saya adah mengenal dan mempelajari nilai-nilai luhur budaya Minangkabau yang meliputi Rumah Gadang Sei.Baringin yang kaya ukiran khas Minang, kerajinan tradisional, dan adat istiadat masyarakat setempat. Saya juga ingin menyaksikan lebih dekat Batu Batikam yang sangat melegenda, songket Silungkang, kerajinan ukiran kayu dan tenunan kain songket  Pandai Sikek yang terkenal baik dalam maupun luar negeri, dan adat Tabuik Pariaman. Serta, budaya yang unik dan kreatif yaitu lomba pacuan itik yang disebut Pacu Itiak yang diadakan bulan Juli, Agustus dan September setiap tahun.
            Inilah daftar trip impian saya di Ranah Minang yang sangat mempesona. Minangkabau menyimpan sejuta pesona, Minangkabau kaya akan panorama, dan Minangkabau pasti akan menghibur anda. Minangkabau, I’m coming.
(Sumber obyek wisata : www.sumbarprov.go.id)

Oleh : M. Nizam Mustaqim (085230734066)
                                                                       cak.elmundo@gmail.com










We have been providing the best information about MY DREAM IN MINANGKABAU For you. If you liked this information, please tell your friends on Facebook, Twitter, Pinterest, Google plus or Email using social buttons below. Happy Reading ^_^. Mohammad Nizam Mustaqim

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Desain Kemasan

ESAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua