ESSAI AIBF 2012

Welcome friends  Mohammad Nizam Mustaqim’s Blog. In this blog you will get some informations about :
my favorite writing for ESSAI AIBF 2012 | ESSAI AIBF 2012 I believe | ESSAI AIBF 2012 can give you inspiration and more others benefit


Inovasi Penelitian Sebagai Solusi Pendidikan Bangsa
            Problematika pendidikan bangsa sungguh sangat kompleks mulai dari komersialisasi pendidikan, polemik UN, hingga rendahnya kapasitas ilmiah pelajar di Indonesia. Ujian Nasional (UN) yang digunakan sebagai indikator kelulusan agar dapat menjadi standarisasi pendidikan nasional sering menimbulkan pro dan kontra. Pro kontra ini memberi banyak efek domino yang merugikan. Pertama adalah ketika siswa-siswa ramai-ramai ikut demonstrasi. Bukan demonstrasinya yang salah. Tapi efek psikologisnya bagi siswa tersebut. Mereka jadi sibuk memperjuangkan pembatalan UN dan melupakan tugas utamanya untuk belajar. Kedua adalah ketika UN dijadikan fokus pemberitaan di berbagai media. Pembertiaan di media seakan menunjukkan Indonesia kini hanyalah kekacuaan. Mungkin jika disampaikan secara proporsional tak jadi masalah namun justru ketidak seimbanganlah yang sering tercitrakan oleh opini-opini media massa. Tetapi di dalam tujuan pendidikan, ujian nasional ataupun polemik lainnya bukanlah efek yang harus ditimbulkan oleh cita-cita mulia pendidikan di Indonesia, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.
            Pendidikan yang sebenarnya bukan hanya untuk nilai atau ijazah semata tapi harus sesuai dengan tri dharma pendidikan yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Pendidikan sering diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya agar relevan dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan (Hasbullah, 2008). Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan sebagaimana UUD 1945 Pasal 31 ayat (1) yang berbunyi:’’Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran”. Kemajuan dunia pendidikan akan selalu berkorelasi positif dengan kemajuan bangsa.
            Keinginan untuk memajukan dunia edukasi nasional harus diselaraskan dengan tri dharma pendidikan nan mulia. Upaya yang dapat dilakukan adalah terus menciptakan inovasi-inovasi baru dengan mengkaji ilmu pengetahuan secara mendalam. Hal ini jelaslah mengarah pada komponen kedua tri dharma, penelitian. Penelitian menjadi hal yang sangat urgensi dalam dunia ilmiah karena inilah jembatan penghubung antara pendidikan dengan pengabdian masyarakat. Mustahil bila ilmu yang kita peroleh dari pendidikan akan bermanfaat bagi masyarakat  tanpa adanya penelitian. Sayangnya, dunia penelitian Indonesia kurang tercium aroma keilmiahannya baik dalam negeri maupun luar negeri. Kekurangan finansial selalu saja menjadi kambing hitam yang selalu disalahkan. Anggaran penelitian kita sangat tertinggal jauh dari negara-negara tetangga. Total belanja litbang Indonesia pada 2006 adalah US$218 juta, Malaysia 4,29 kali lipat, sedangkan Singapura menghabiskan 14,26 kali, serta Thailand 2,36 kali. Belanja litbang Indonesia yang kecil menyebabkan kurangnya pembelian faktor-faktor pendukung penelitian dan minimnya penghasilan para aktivis penelitian.  Hal ini menjadi penyebab kurang giatnya aktivitas penelitian di Indonesia bahkan para peneliti kita banyak yang bekerja di luar negeri dengan iming-iming gaji yang lebih besar sehingga mereka merasa lebih dihargai di negara lain. Jika mengacu pada realita yang kurang mendukung para ilmuwan negeri, bukanlah suatu kejutan jumlah paten serta artikel orang Indonesia pada jurnal internasional  kalah bersaing dengan negara-negara tetangga. Pada 2008 jumlah paten Indonesia yang didaftarkan ke USPTO 19 buah, Thailand 40 buah, Malaysia 168 buah, dan Singapura 450 buah. Berdasarkan penelitian peningkatan 1% jumlah paten yang didaftarkan ke badan paten Amerika USPTO akan mengakibatkan kenaikan pertumbuhan ekonomi 0,19 %. Inilah yang patut kita perhatikan sebagai cerminan produktivitas peneliti Indonesia di tingkat internasional (RISTEK, 2010). Sedangkan salah satu keluaran dari kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan adalah artikel. Output ini dapat dijadikan pembanding produktivitas keilmiahan jika dimuat pada jurnal internasional. Indonesia menghasilkan 205, Vietnam 221, Malaysia 615, Thailand 1.249, dan negara paling subur dalam hal research, Singapura dengan 3.600 buah artikel. Peningkatan jumlah artikel pada jurnal internasional sebanyak 1%, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi 0,22 % (RISTEK, 2010).
            Inovasi dan penelitian akan selalu saling terikat satu dengan yang lain karena untuk menghasilkan suatu penemuan baru atau modifikasi penemuan lama diperlukan suatu riset baik berupa literatur maupun observasi langsung. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, inovasi diartikan pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (DEPDIKBUD RI, 1990). Seiring berkembangnya zaman terdapat beberapa hal yang menuntut diadakannya inovasi pendidikan di Indonesia diantaranya adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), pertambahan jumlah penduduk, peningkatan animo masyarakat untuk mendapat pendidikan, dan yang terakhir menurunnya kualitas pendidikan. Rendahnya kualitas pendidikan dikarenakan kinerja sistem inovasi Indonesia secara umum masih menunjukkan kinerja yang belum baik. Mutu pendidikan bangsa menurun seiring dengan pergantian pemerintahan. Bagaimana tidak, setiap berganti rezim kekuasaan maka berganti pula sistem pendidikan di tanah air sehingg selalu terjadi perubahan kurikulum pembelajaran di Indonesia. Menurut hemat saya, sistem pendidikan seharusnya difokuskan ke arah penelitian karena dengan research  ini akan terciptalah inovasi-inovasi pendidikan berbasis penelitian demi terciptanya sarana edukasi yang madani. Penelitian juga menjadi penggerak utama ekonomi karena di era modern ini pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi oleh akumulasi ilmu pengetahuan dengan aplikasi teknologi sebagai output yang disumbangkan oleh penelitian. Namun jangan sekali-kali berniat hanya mencari penghargaan dari suatu karya ilmiah karena penelitian bukanlah ajang mencari kepopuleran tetapi penelitian adalah wahana untuk mencapai kemapanan peradaban kehidupan.
            Ayo kawan, selamatkan pendidikan dengan jiwa inovasi dan kreasi yang tinggi. Tidak ada kesalahan pada pendidikan, yang salah hanyalah sistem di dalamnya. Junjung terus semangat perubahan demi Indonesia yang lebih mapan. Kobarkan semangatmu dan bergeraklah sekarang juga.  Waktu adalah uang oleh karenanya jangan menunggu waktu terbaik untuk melakukan hal yang baik karena itu adalah tindakan bodoh. Terus berjuang dan never give up.


Daftar Pustaka
DEPDIKBUD RI. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hasbullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
RISTEK. 2010. Sains dan Teknologi 3. Jakarta: Biro Humas Kementerian                                                   Riset dan Teknologi.


BIODATA

Nama               : Mohammad Nizam Mustaqim
Fakultas           : Teknologi Pertanian
Universitas      : Institut Pertanian Bogor
Nomor HP       : 085230734066
Email               : cak.elmundo@gmail.com
Alamat                        : Jalan Sindujoyo 18 No. 37 Gresik Kode Pos 61117 Telepon                                     0313904603 (qq Mohammad Yazid)

           

We have been providing the best information about ESSAI AIBF 2012 For you. If you liked this information, please tell your friends on Facebook, Twitter, Pinterest, Google plus or Email using social buttons below. Happy Reading ^_^. Mohammad Nizam Mustaqim

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Desain Kemasan

ESAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Penantian Berharga Pasca Kampus #KesempatanKedua