ESSAI AIBF 2012
Inovasi Penelitian Sebagai Solusi Pendidikan Bangsa Problematika pendidikan bangsa sungguh sangat kompleks mulai dari komersialisasi pendidikan, polemik UN, hingga rendahnya kapasitas ilmiah pelajar di Indonesia. Ujian Nasional (UN) yang digunakan sebagai indikator kelulusan agar dapat menjadi standarisasi pendidikan nasional sering menimbulkan pro dan kontra. Pro kontra ini memberi banyak efek domino yang merugikan. Pertama adalah ketika siswa-siswa ramai-ramai ikut demonstrasi. Bukan demonstrasinya yang salah. Tapi efek psikologisnya bagi siswa tersebut. Mereka jadi sibuk memperjuangkan pembatalan UN dan melupakan tugas utamanya untuk belajar. Kedua adalah ketika UN dijadikan fokus pemberitaan di berbagai media. Pembertiaan di media seakan menunjukkan Indonesia kini hanyalah kekacuaan. Mungkin jika disampaikan secara proporsional tak jadi masalah namun justru ketidak seimbanganlah yang sering tercitrakan oleh opini-opini media ma